Dalam upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang lingkungan pendidikan, Program Studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) menggelar kegiatan pembekalan observasi untuk seluruh mahasiswa semester 3 dan 5. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi mata kuliah PLSP (Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan), yang merupakan bagian integral dalam pembelajaran mereka.
Proses pembekalan dipandu oleh dua dosen pembimbing, Ibu Anarisa M.Pd dan Ibu Nurhidayati M.Pd. Dalam sesi pengarahan tersebut, keduanya menjelaskan tata cara dan tujuan observasi yang akan dilakukan. Ibu Anarisa dan Ibu Nurhidayati menekankan betapa pentingnya observasi ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi pendidikan di berbagai lembaga yang akan dikunjungi. Mereka mengingatkan mahasiswa untuk memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi proses belajar mengajar, termasuk interaksi antara siswa dan guru, serta infrastruktur yang ada.
Setelah sesi pembekalan, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan observasi di beberapa lembaga pendidikan yang telah ditentukan, yang dijadwalkan berlangsung dari 14 hingga 19 Oktober 2024. Fokus utama dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang relevan bagi masing-masing lembaga, baik untuk siswa maupun guru. Proses identifikasi tersebut juga sebagai elemen penting dalam proses belajar mengajar sehingga didapatkan Gambaran kondisi utuh tentang Lembaga Madrasah se-Kecamatan Menganti.
Hasil observasi yang dilakukan oleh mahasiswa nantinya akan dipahami dan dievaluasi sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang dinamaika proses Pendidikan maupun pembelajaran yang dilakukan di setiap lemabaga. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari praktik mata kuliah PLSP (Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan) yang tidak hanya memberikan teori di kelas namun juga mengetahui dinamikanya di lapangan.
Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis, tetapi juga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan di tingkat madrasah. Program ini merupakan langkah awal yang penting untuk mempersiapkan calon pendidik yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan di masyarakat.