Akademik
Profil lulusan Sarjana Psikologi Islam
Institut Al Azhar Menganti Gresik
No | Profil Lulusan | Diskripsi |
1 | Asisten Peneliti Psikologi | Sarjana psikologi Islam yang berkepribadian baik, memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti bidang psikologi Islam dalam rangka penerapam beragam teori psikologi dan kesehatan mental berbasis nilai-nilai Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
2 | Konselor, Perancang dan Fasilitator Pengembangan Komunitas | Sarjana psikologi Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir yang mampu melaksanakan sebagai konselor, perancang dan fasilitator pengembangan komunitas-masyarakat berdasarkan keilmuan psikologi dan berbasis nilai-nilai Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
3 | Fasilitator, Motivator Program Pelatihan dan Praktisi Pengembangan SDM | Sarjana psikologi Islam yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai konselor, fasilitator dan motivator program pelatihan dan praktisi pengembangan SDM berbasis nilai-nilai islam yang berkepribadian baik, berpengalaman luas dan mutahir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman ,keilmuan dan keahlian |
Capaian Pembelajaran Lulusan Psikologi Islam
Institut Al Azhar Menganti Gresik
Capaian pembelajaran lulusan program studi psikologi islam jenjang sarjana (S1) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah :
Ranah | Capaian Pembelajaran lulusan
| |
Sikap (S) | S1 | Bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap relijius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika | |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, bernegara dan kemajuan peredapan berdasarkan Pancasila | |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasioalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa | |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
S7 | Menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik | |
S9 | Menunjukkkna sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri | |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan | |
S11 | Menjunjung tinggi nilai-nilai etika adameik yang meliputi kejujuran dan kebebesan akademik dan otonomi akademik | |
S12 | Bertanggung jawab terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya | |
S13 | Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi masyarakat | |
S14 | Menempatkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibilitas (flexibility), pengendalian diri (self direction) secara baik dan penuh inisiatif ditempat tugas | |
S15 | Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosisl ekonomi | |
S16 | Menunjukan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan percaya diri sebagai sarjana psikologi islam | |
S17 | Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggung jawab (accountability) dan responsibibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang psikologi islam secara mandiri | |
S18 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam bidang tugas pelayanan psikologi islam | |
Pengetahuan (P) | P1 | Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi |
P2 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) | |
P3 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) | |
P4 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik | |
P5 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin | |
P6 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan | |
P7 | Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional | |
P8 | Menguasai konsep teoritis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, motivasi, sejarah, dan aliran-aliran dalam psikologi | |
P9 | Menguasai metodologi penelitian studi islam dan metodologi dasar penelitian psikologi beserta teknik statistika dasar | |
P10 | Menguasai tahapan penyusunan skala psikologi dan konsep-konsep pengukuran dalam psikologi (valiiditas, reliabilitas, norma; teori tes klasik, dan konsep dasar psikometri) | |
P11 | Menguasai teknik observasi dan interview yang mendasari penelitian psikologi | |
P12 | Menguasai konsep teoritik komunikasi antar pribadi dan komunikasi komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental | |
P13 | Menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA) | |
Keterampilan Umum (KU) | KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur | |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni | |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi | |
KU10 | Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja | |
KU11 | Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja | |
KU12 | Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja | |
KU13 | Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid; | |
KU14 | Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma) | |
KU15 | Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik. | |
Keterampilan Khusus (KK) | KK1 | Mampu menganalisis persoalan psikologis non klinis dan persoalan prilaku serta menyajikan alternative pemecahan masalah |
KK2 | Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan professional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat | |
KK3 | Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggung jawab | |
KK4 | Mampu melakukan penelitian studi islam, dengan menggunakan metode-metode penelitian dalam studi islam, dan penelitian psikologi . Khusus untuk penelitian psikologi menggunakan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistic deskriptif atau inferensial bivariate, serta non parametric untuk observed variable) dan dengan metodologi penelitian kualitatif | |
KK5 | Mampu mempertangungjawabkan hasil kerja berdasarkan kode etik penelitian | |
KK6 | Mampu mengidentifikasi, mendiagnosa potensi psikologis dan memetakan bidang bakat dan kecenderungan psikologis dalam rangka pengembangan SDM | |
KK7 | Mampu menghapal ayat-ayat dan hadis-hadis tematik terkait dengan dimensi kejiwaan manusia |
Sebaran Mata Kuliah Program Studi Psikologi Islam
Institut Al Azhar Menganti Gresik
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Semester | MK Prasyarat | |||||||
I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | |||||
1 | PSI.01.04 | Pancasila * | 2 | |||||||||
2 | PSI.01.01 | Bahasa Indonesia/TPKI * | 2 | |||||||||
3 | PSI.02.01 | Aswaja al- Nahdliyah | 2 | |||||||||
4 | PSI.02.02 | MBM Al Quran | 2 | |||||||||
5 | PSI.02.05 | Pengantar Psikologi Islam | 2 | |||||||||
6 | PSI.01.03 | Bahasa Arab * | 2 | |||||||||
7 | PSI.02.03 | Psikologi Umum I | 2 | |||||||||
8 | PSI.02.12 | Sejarah dan Aliran Psikologi | 2 | |||||||||
9 | PSI.02.06 | Psikologi Perkembangan | 2 | |||||||||
10 | PSI.01.08 | Filsafat Umum * | 2 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 1 | 20 | |||||||||||
11 | PSI.01.02 | Bahasa Inggris * | 2 | |||||||||
12 | PSI.01.05 | Kewarganegaraan * | 2 | |||||||||
13 | PSI.01.07 | Akhlak Tasawuf * | 2 | |||||||||
14 | PSI.02.09 | Ilmu Komunikasi Publik I (Penciri Prodi) | 2 | |||||||||
15 | PSI.01.09 | Filsafat Manusia * | 2 | |||||||||
16 | PSI.01.10 | Pendidikan Anti Korupsi, Antinarkoba, dan Deradikalisasi* | 2 | |||||||||
17 | PSI.02.04 | Psikologi Umum II | 2 | Psikologi Umum I | ||||||||
18 | PSI.02.07 | Ayat-Ayat Psikologi (Perciri Fakultas) | 2 | |||||||||
19 | PSI.01.06 | Akidah Ilmu Kalam* | 2 | |||||||||
20 | PSI.03.03 | Statistik I | 2 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 2 | 20 | |||||||||||
21 | PSI.02.10 | Ilmu Komunikasi Publik II (Penciri Prodi) | 2 | Ilmu Komunikasi I | ||||||||
22 | PSI.03.04 | Statistik II | 3 | Statistik I | ||||||||
23 | PSI.03.05 | Psikologi Kepribadian I | 2 | |||||||||
24 | PSI.03.11 | Psikologi Klinis | 3 | |||||||||
25 | PSI.02.13 | Psikologi Pendidikan | 2 | |||||||||
26 | PSI.02.15 | Psikologi Konseling Islam | 2 | |||||||||
27 | PSI.02.14 | Psikologi Belajar | 2 | |||||||||
28 | PSI.02.08 | Hadis-Hadis Psikologi (Penciri Fakultas) | 2 | |||||||||
29 | PSI.03.12 | Biopsikologi | 3 | |||||||||
30 | PSI.03.07 | Psikodiagnostika I: Pengantar Tes Psikologi (Inteligensi, Bakat dan Minat) | 3 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 3 | 24 | |||||||||||
31 | PSI.03.14 | Psikometri | 3 | Statistik I & II | ||||||||
32 | PSI.03.13 | Psikologi Abnormal | 2 | |||||||||
33 | PSI.03.06 | Psikologi Kepribadian II | 2 | Psikologi Kepribadian I | ||||||||
34 | PSI.03.15 | Psikologi Industri dan Organisasi | 2 | |||||||||
35 | PSI.03.21 | Psikologi Kognitif | 2 | Biopsikologi | ||||||||
36 | PSI.03.08 | Psikodiagnostika II: Observasi dan Wawancara | 3 | Psikodiagnostika I: Pengantar Tes Psikologi (Inteligensi, Bakat dan Minat) | ||||||||
37 | PSI.03.16 | Psikologi Kelompok (dinamika kelompok & perilaku massa) | 2 | |||||||||
38 | PSI.03.23 | Kode Etik Psikologi | 3 | |||||||||
39 | PSI.03.01 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 2 | |||||||||
40 | PSI.03.18 | Kesehatan Mental | 2 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 4 | 23 | |||||||||||
41 | PSI.03.02 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | |||||||||
42 | PSI.03.17 | Psikologi Eksperimen | 3 | |||||||||
43 | PSI.06.02 | Psikoterapi Islam | 3 | |||||||||
44 | PSI.03.19 | Konstruksi Alat Ukur | 3 | |||||||||
45 | PSI.03.28 | Konseling dan Psikoterapi | 2 | |||||||||
46 | PSI.03.20 | Asesmen Kognitif | 2 | |||||||||
47 | PSI.03.10 | Pendidikan Anak Luar Biasa | 2 | |||||||||
48 | PSI.06.01 | Psikologi Keluarga | 2 | |||||||||
49 | PSI.02.11 | MSDM | 2 | |||||||||
50 | PSI.04.02 | Kewirausahaan | 2 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 5 | 23 | |||||||||||
51 | PSI.06.04 | Psikologi Kesehatan | 2 | |||||||||
52 | PSI.03.24 | Psikologi Positif | 2 | |||||||||
53 | PSI.03.09 | Psikodiagnostika III: Tes Seleksi Rekruitmen | 3 | Psikodiagnostika II: Observasi dan Wawancara | ||||||||
54 | PSI.03.25 | Asesmen Kepribadian, Bakat dan Minat | 2 | |||||||||
55 | PSI.03.26 | Kesulitan Belajar | 2 | |||||||||
56 | PSI.06.03 | Psikologi Lintas Budaya | 2 | |||||||||
57 | PSI.06.05 | Psikologi Perkawinan | 2 | |||||||||
58 | PSI.03.27 | Modifikasi Perilaku | 2 | |||||||||
59 | PSI.04.01 | Penyusunan Skala Psikologi | 3 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 6 | 20 | |||||||||||
60 | PSI.03.22 | Pendidikan Anak Berbakat | 2 | |||||||||
61 | PSI.05.02 | Magang Psikologi Islam | 4 | |||||||||
62 | PSI.05.01 | KKN | 4 | |||||||||
63 | PSI.04.03 | Pengembangan Karir | 2 | |||||||||
64 | PSI.04.04 | Seminar Proposal | 2 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 7 | 14 | |||||||||||
65 | PSI.04.05 | Skripsi | 4 | |||||||||
Jumlah SKS Semester 8 | 4 |
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
1 | PSI.01.04 | Pancasila * | 2 | Download |
2 | PSI.01.01 | Bahasa Indonesia/TPKI * | 2 | Download |
3 | PSI.02.01 | Aswaja al- Nahdliyah | 2 | Download |
4 | PSI.02.02 | MBM Al Quran | 2 | Download |
5 | PSI.02.05 | Pengantar Psikologi Islam | 2 | Download |
6 | PSI.01.03 | Bahasa Arab * | 2 | Download |
7 | PSI.02.03 | Psikologi Umum I | 2 | Download |
8 | PSI.02.12 | Sejarah dan Aliran Psikologi | 2 | Download |
9 | PSI.02.06 | Psikologi Perkembangan | 2 | Download |
10 | PSI.01.08 | Filsafat Umum * | 2 | Download |
Jumlah SKS Semester 1 | 20 | |||
11 | PSI.01.02 | Bahasa Inggris * | 2 | Download |
12 | PSI.01.05 | Kewarganegaraan * | 2 | Download |
13 | PSI.01.07 | Akhlak Tasawuf * | 2 | Download |
14 | PSI.02.09 | Ilmu Komunikasi Publik I (Penciri Prodi) | 2 | Download |
15 | PSI.01.09 | Filsafat Manusia * | 2 | Download |
16 | PSI.01.10 | Pendidikan Anti Korupsi, Antinarkoba, dan Deradikalisasi* | 2 | Download |
17 | PSI.02.04 | Psikologi Umum II | 2 | Download |
18 | PSI.02.07 | Ayat-Ayat Psikologi (Perciri Fakultas) | 2 | Download |
19 | PSI.01.06 | Akidah Ilmu Kalam* | 2 | Download |
20 | PSI.03.03 | Statistik I | 2 | Download |
Jumlah SKS Semester 2 | 20 | |||
21 | PSI.02.10 | Ilmu Komunikasi Publik II (Penciri Prodi) | 2 | Download |
22 | PSI.03.04 | Statistik II | 3 | Download |
23 | PSI.03.05 | Psikologi Kepribadian I | 2 | Download |
24 | PSI.03.11 | Psikologi Klinis | 3 | Download |
25 | PSI.02.13 | Psikologi Pendidikan | 2 | Download |
26 | PSI.02.15 | Psikologi Konseling Islam | 2 | Download |
27 | PSI.02.14 | Psikologi Belajar | 2 | Download |
28 | PSI.02.08 | Hadis-Hadis Psikologi (Penciri Fakultas) | 2 | Download |
29 | PSI.03.12 | Biopsikologi | 3 | Download |
30 | PSI.03.07 | Psikodiagnostika I: Pengantar Tes Psikologi (Inteligensi, Bakat dan Minat) | 3 | Download |
Jumlah SKS Semester 3 | 24 | |||
31 | PSI.03.14 | Psikometri | 3 | Download |
32 | PSI.03.13 | Psikologi Abnormal | 2 | Download |
33 | PSI.03.06 | Psikologi Kepribadian II | 2 | Download |
34 | PSI.03.15 | Psikologi Industri dan Organisasi | 2 | Download |
35 | PSI.03.21 | Psikologi Kognitif | 2 | Download |
36 | PSI.03.08 | Psikodiagnostika II: Observasi dan Wawancara | 3 | Download |
37 | PSI.03.16 | Psikologi Kelompok (dinamika kelompok & perilaku massa) | 2 | Download |
38 | PSI.03.23 | Kode Etik Psikologi | 3 | Download |
39 | PSI.03.01 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 2 | Download |
40 | PSI.03.18 | Kesehatan Mental | 2 | Download |
Jumlah SKS Semester 4 | 23 | |||
41 | PSI.03.02 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | Download |
42 | PSI.03.17 | Psikologi Eksperimen | 3 | Download |
43 | PSI.06.02 | Psikoterapi Islam | 3 | Download |
44 | PSI.03.19 | Konstruksi Alat Ukur | 3 | Download |
45 | PSI.03.28 | Konseling dan Psikoterapi | 2 | Download |
46 | PSI.03.20 | Asesmen Kognitif | 2 | Download |
47 | PSI.03.10 | Pendidikan Anak Luar Biasa | 2 | Download |
48 | PSI.06.01 | Psikologi Keluarga | 2 | Download |
49 | PSI.02.11 | MSDM | 2 | Download |
50 | PSI.04.02 | Kewirausahaan | 2 | Download |
Jumlah SKS Semester 5 | 23 | |||
51 | PSI.06.04 | Psikologi Kesehatan | 2 | Download |
52 | PSI.03.24 | Psikologi Positif | 2 | Download |
53 | PSI.03.09 | Psikodiagnostika III: Tes Seleksi Rekruitmen | 3 | Download |
54 | PSI.03.25 | Asesmen Kepribadian, Bakat dan Minat | 2 | Download |
55 | PSI.03.26 | Kesulitan Belajar | 2 | Download |
56 | PSI.06.03 | Psikologi Lintas Budaya | 2 | Download |
57 | PSI.06.05 | Psikologi Perkawinan | 2 | Download |
58 | PSI.03.27 | Modifikasi Perilaku | 2 | Download |
59 | PSI.04.01 | Penyusunan Skala Psikologi | 3 | Download |
Jumlah SKS Semester 6 | 20 | |||
60 | PSI.03.22 | Pendidikan Anak Berbakat | 2 | Download |
61 | PSI.05.02 | Magang Psikologi Islam | 4 | Download |
62 | PSI.05.01 | KKN | 4 | Download |
63 | PSI.04.03 | Pengembangan Karir | 2 | Download |
64 | PSI.04.04 | Seminar Proposal | 2 | Download |
Jumlah SKS Semester 7 | 14 | |||
65 | PSI.04.05 | Skripsi | 4 | Download |
Jumlah SKS Semester 8 | 4 |
Dokumen Kurikulum Program Studi Psikologi Islam Institut Al Azhar Menganti Gresik bisa di downloud di Link : https://linktr.ee/psiistaz
Bentuk Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
Program Studi Psikologi Islam
Institut Al Azhar Menganti Gresik
No | Bentuk MBKM Prodi | Tujuan | Keterangan |
1. | Penelitian /Riset | Memberi peluang mahasiswa dapat membangun keterampilan berpikir kritis dan membantu penyelesaian masalah (problem solving). |
Link Pendaftaran |
2. | Asistensi Mengajar | Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendidik di satuan Pendidikan. |
Link Pendaftaran |
Pedoman-pedoman Program Studi Psikologi Islam Institut Al Azhar Menganti Gresik bisa di downloud di Link : https://linktr.ee/psiistaz