Sarasehan Kegiatan Seminar Pendidikan oleh Drs. Eko Taranggono,M.Pd.I
Sarasehan Kegiatan Seminar Pendidikan oleh Drs. Eko Taranggono,M.Pd.I
Previous slide
Next slide

Visi

Unggul dalam pengkajian dan pengembangan ilmu Bimbingan Dan Konseling Islam yang Integratif-multidispliner di Tingkat Internasional tahun 2028

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu Bimbingan dan Konseling Islam yang integrative-multidisipliner dan` berdaya saing internasional
  2. Mengembangkaan ilmu Bimbingan dan Konseling Islam yang integratif-multidisipliner yang relevan dengan kebutuhan masyarakat global
  3. Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis riset untuk kepentingan Layanan Bimbingan dan Konseling Islam bagi Masyarakat
  4. Meningkatkan jaringan kerjasama dalam dan luar negeri untuk penguatan fungsi kelembagaan Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Profil Lulusan

TIDAK

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI

1.

Konselor Islam

Sarjana sosial yang memahami nilai-nilai dan etika Islam serta ahli dalam bimbingan konseling Islami. Konselor ini mampu membantu individu atau kelompok dalam mengatasi masalah emosional, sosial, dan spiritual, dengan pendekatan Islami yang meningkatkan kualitas hidup dan menjadi teladan masyarakat.

2.

Konsultan Pengembangan Diri dan Karakter Islami

Sarjana sosial yang ahli dalam pengembangan karakter Islami, membantu individu mencapai potensi terbaiknya melalui prinsip akhlak mulia.Konsultan ini merancangprogram pengembangan diri yang berlandaskan ketakwaan, kesabaran, dan keikhlasan, serta membimbing pembentukan sikap dan perilaku positif sesuai ajaran Islam.

3.

Peneliti di Bidang BKI

Sarjana yang memiliki kemampuan analisis dan metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan dalam Bimbingan Konseling Islam. Lulusan ini fokus pada penelitian bidang bimbingan dan konseling berbasis nilai Islami, serta berkontribusi menghasilkan solusi praktis yang bermanfaat bagi pendidikan dan masyarakat.

4.

Motivator Keagamaan Sosial

Sarjana yang berperan sebagai pembangkit semangat dalam kehidupan sosial dengan pendekatan keagamaan. Memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan untuk menginspirasi masyarakat perbaikan diri yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta membangun lingkungan yang mendukung kebersamaan dan spiritualitas.

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Bimbingan Konseling Islam

Ranah

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap (S)

S1

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

S3

Berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

Ukuran S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;

S6

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7

Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;

S10

Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;

S11

Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;

S12

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;

S13

Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability) , fleksibiltas (fleksibilitas) , pengendalian diri, (selfdirection), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;

S14

Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

S15

Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi pembimbing dan konselor Islam;

S16

Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), dockabilitas (akuntabilitas) dan tanggung jawab (tanggung jawab) atas pekerjaan di bidang pembimbingan dan konsling Islam secara mandiri;

S17

Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pelaksaan tugas pembimbingan dan konseling Islam pada masyarakat.

Pengetahuan (P)

P1

Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

P2

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

P3

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

Halaman 4

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logistik, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individu dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

Halaman 5

Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama

rahmatan lil alamin

hal.6

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan science) sebagai paradigma keilmuan;

Halaman 7

Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;

hal.8

Menguasai pengetahuan terkait kegiatan bimbingan dan konseling Islam secara kreatif, inovatif, produktif dan adaptif;

Halaman 9

Menguasai dasar-dasar keilmuan bimbingan dan konseling Islam, teori komunikasi, metode dan teknik bimbingan dan konseling Islam, perkembangan individu dan masyarakat;

Halaman 10

Menguasai perencanaan dan evaluasi program, penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan media informasi dalam kegiatan bimbingan dan konseling Islam, kemampuan menstimulasi klien dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat;

Hal.11

Menguasai konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan , bimbingan dan konseling Islam;

Hal.12

Menguasai pengetahuan yang terkait dengan pelaksanaan dakwah yaitu ilmu dakwah, dasar-dasar pengembangan masyarakat, teori komunikasi (komunikasi antar pribadi, dan komunikasi persuasif), psikologi sosial, sosiologi dan antropologi, metodologi penelitian sosial, perencanaan dan evaluasi program bimbingan dan konseling Islam.

Keterampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

 

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

 

KU4

Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

 

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

 

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

 

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;

 

KU10

Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

 

KU11

Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

 

KU12

Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:

 

KU13

Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;

 

KU14

Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30

(Juz Amma);

 

KU15

melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

Keterampilan Khusus (KK)

KK1

Mampu melakukan pembimbingan dan konseling Islam, berdakwah, dan pendampingan masyarakat Islam dalam masyarakat multi agama.

 

KK2

Mampu menyusun perencanaan, monitoring dan evaluasi program bimbingan dan konseling Islam berdasarkan keilmuan bimbingan dan konseling berdasarkan paradigma integrasi keilmuan dan berlandaskan nilai-nilai Islami.

 

KK3

Mampu menggunakan media cetak dan audio visual serta on line untuk kegiatan pembimbingan dan konseling Islam.

 

KK4

Mampu menentukan dan menggunakan pendekatan, metode, media, dan teknologi untuk kegiatan pembimbingan dan konseling Islam secara tepat dalam masyarakat multi agama.

 

KK5

Mampu menyusun desain dan melaksanakan kegiatan penelitian untuk merencanakan kegiatan bimbingan dan kosneling dengan tepat.

 

KK6

Mampu menyusun instrumen pembimbingan dan konseling untuk memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dengan menggunakan sumber informasi primer dan sekunder sesuai prinsip-prinsip dalam pembimbingan dan konseling Islam.

 

Kolaborasi Fakultas Dakwah Komunikasi