Deskripsi KKNI Capaian Pembelajaran Lulusan
Kode CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sikap (S) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. | |
S01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S03 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S04 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa. |
S05 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S06 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S07 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S08 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S09 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Keterampilan Umum (KU) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. | |
KU01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU02 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU03 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU04 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU06 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU07 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU08 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU09 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU10 | Mampu menyelesaikan tugas-tugas keprofesian dengan baik dan benar serta penuh dengan tanggung jawab. |
Pengetahuan (P) Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural. | |
P01 | Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan agama Islam secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keilmuan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak |
P02 | Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Al-Quran Hadith, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak |
P03 | Menguasai ilmu metodologi penelitian sesuai bidang pendidikan agama Islam, objek penelitian, tingkat kerumitan dan kedalaman penelitian dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak |
P04
| Menguasai konsep teoritis PAI yang terintegrasi dengan ilmu-ilmu pengetahuan umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam kajian PAI |
P05 | Mampu memahami dan mengembangkan secara kreatif media pembelajaran manual dan berbasis teknologi informasi |
P06 | Mampu memahami metodologi pembelajaran di bidang pendidikan Agama Islam |
P07 | Mampu menguasai materi pendidikan agama Islam, isi dan bahan ajar pendidikan agama Islam untuk materi pendidikan agama Islam tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA |
P08 | Memahami kontribusi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
P09
| Memahami pengembangan kepribadian dan keprofesionalan dalam hal penyesuaian diri dengan lingkungan kerja, baik bekerja secara mandiri maupun kemitraan. |
P10 | Penguasaan sumber-sumber baru untuk pengembangan keahlian dan memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas profesional sebagai guru PAI di lembaga pendidikan Islam |
Keterampilan Khusus (KK) Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi dengan situasi yang dihadapi | |
KK01 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran PAI yang mendidik bernuansa Islami. |
KK02 | Merancang, melaksanakan, dan membuat laporan penelitian pendidikan agama Islam serta mempublikasikannya di forum seminar atau jurnal ilmiah. |
KK03 | Mengembangkan media dan sumber belajar PAI berbasis keunggulan lokal dan teknologi informasi. |
KK04 | Mampu mere-integrasi epistemologi keilmuan untuk menghilangkan dikotomi ilmu umum dan ilmu agama. |
KK05
| Mampu memahami dan mengaplikasikan teori dan metodologi PAI yang berhubungan dengan kemampuan merencanakan program PAI, mengorganisir komponen PAI, melaksanakan program PAI, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program PAI, serta mengembangkan inovasi-inovasi program dan penyelenggaraan PAI. |
KK06 | Terampil dalam melaksanakan penelitian di bidang pendidikan Agama Islam (PAI). |
KK07 | Mampu mempublikasikan karya penelitian di bidang pendidikan Agama Islam secara luas. |
KK08 | Mampu menuangkan dan mengembangkan materi PAI dalam bentuk bahan ajar dan penguasaan cara pengembangan bahan ajar PAI. |
KK09 | Mampu memahami dan mengembangkan secara kreatif media pembelajaran PAI baik manual maupun berbasis teknologi informasi. |
KK10 | Mampu memilih, menemukan dan menggunakan sumber belajar di lingkungan sekolah dan masyarakat bagi pengembangan PAI. |
Program studi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Azhar Menganti Gresik menghasilkan lulusan dengan profil:
- Pendidik
Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam mata pelajaran agama Islam pada sekolah/madrasah tingkat dasar sampai menengah (SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK/ MAK) yang profesional, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, berlandaskan ahlu sunnah wal jama’ah, keilmuan dan keahlian serta dapat menyebarluaskan nilai-nilai IMTAK dan IPTEK.
- Penelitian dan Pengabdian
Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang keilmuan pendidikan agama Islam secara profesional dan akuntabel. Selain itu, mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam secara kontinu terutama melakukan pengabdian untuk memperkuat nilai-nilai moderasi berlandaskan ahlu sunnah wal jama’ah di masyarakat.
- Pengembangan Bahan Ajar PAI
Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajar PAI yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan IPTEK serta dunia kerja dan mampu menjawab persoalan di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Draft Sebaran Mata Kuliah Prodi PAI-MBKM
Sem | No | Kode MK | Makul | SKS | Penciri | Ket. |
I | 1 | PAI.57.1.06 | Pancasila | 2 | STAI |
|
| 2 | PAI.57.2.02 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 | STAI |
|
| 3 | PAI.57.1.04 | Studi al-Quran | 2 | STAI |
|
| 4 | PAI.57.1.01 | Bahasa Indonesia/TPKI | 2 | STAI |
|
| 5 | PAI.57.2.01 | Pengantar studi Islam | 2 | STAI |
|
| 6 | PAI.57.1.10 | Pengantar filsafat | 2 | PAI |
|
| 7 | PAI.57.1.08 | Aqidah ilmu kalam | 2 | PAI |
|
| 8 | PAI.57.2.05 | Pengantar psikologi | 2 | PAI |
|
| 9 | PAI.57.1.02 | Bahasa Inggris | 2 | PAI |
|
| 10 | PAI.57.1.03 | Bahasa Arab | 2 | PAI |
|
Jumlah | 20 |
|
| |||
II | 1 | PAI.57.1.09 | Akhlak tasawuf | 2 | PAI |
|
| 2 | PAI.57.1.05 | Studi hadist | 2 | STAI |
|
| 3 | PAI.57.2.03 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 | STAI |
|
| 4 | PAI.57.2.08 | Psikologi Islam | 2 | PAI |
|
| 5 | PAI.57.2.04 | Filsafat Islam | 2 | PAI |
|
| 6 | PAI.57.1.11 | Filsafat Ilmu | 2 | PAI |
|
| 7 | PAI.57.2.17 | Aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah (Aswaja) | 2 | PAI |
|
| 8 | PAI.57.2.10 | Hadith | 2 | PAI |
|
| 9 | PAI.57.1.07 | Kewarganegaraan | 2 | STAI |
|
| 10 | PAI.57.2.09 | Al-Qur’an | 2 | PAI |
|
Jumlah | 20 |
|
| |||
III | 1 | PAI.57.2.16 | Logika Mantiq | 2 | PAI |
|
| 2 | PAI.57.3.02 | Materi PAI SMP/MTs | 3 | PAI |
|
| 3 | PAI.57.2.07 | Bimbingan dan Konseling Islam | 2 | PAI |
|
| 4 | PAI.57.2.11 | Ilmu tafsir | 2 | PAI |
|
| 5 | PAI.57.2.13 | Hadist Ahkam | 2 | PAI |
|
| 6 | PAI.57.2.06 | Psikologi perkembangan | 2 | STAI |
|
| 7 | PAI.57.2.14 | Masail Fiqh | 2 | PAI |
|
| 8 | PAI.57.3.04 | Model dan Strategi Pembelajaran PAI | 3 | PAI |
|
| 9 | PAI.57.2.18 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | PAI |
|
| 10 | PAI.57.2.12 | Hadis Tarbawi | 2 | PAI |
|
Jumlah | 22 |
|
| |||
IV | 1 | PAI.57.3.11 | Metode penelitian Kuantitatif | 3 | PAI | P3 |
| 2 | PAI.57.3.08 | Pengembangan kurikulum PAI | 2 | PAI |
|
| 3 | PAI.57.2.15 | Tafsir Tarbawi | 2 | PAI |
|
| 4 | PAI.57.3.05 | Media Pembelajaran PAI | 2 | PAI | P2 |
| 5 | PAI.57.3.03 | Materi PAI MA/SMA/SMK | 3 | PAI |
|
| 6 | PAI.57.3.22 | Profil Tenaga Pendidik | 2 | PAI |
|
Sem | No | Kode MK | Makul | SKS | Penciri | Ket. |
| 7 | PAI.57.3.10 | Evaluasi Pembelajaran PAI | 2 | PAI |
|
| 8 | PAI.57.3.06 | Teknologi Pembelajaran PAI | 2 | PAI |
|
| 9 | PAI.57.3.07 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 | PAI |
|
| 10 | PAI.57.3.09 | Pengelolaan kelas | 2 | PAI |
|
Jumlah | 22 |
|
| |||
V | 1 | PAI.57.4.02 | Academic writing | 3 | PAI | P3 |
| 2 | PAI.57.3.21 | Manajemen Lembaga Pendidikan Islam | 2 | PAI |
|
| 3 | PAI.57.2.19 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | PAI |
|
| 4 | PAI.57.3.01 | Materi PAI SD/MI | 3 | PAI |
|
| 5 | PAI.57.3.13 | Statistik Pendidikan | 2 | STAI |
|
| 6 | PAI.57.3.14 | PTK | 2 | STAI | P3 |
| 7 | PAI.57.3.12 | Metode Penelitian Kualitatif | 2 | PAI | P3 |
| 8 | PAI.57.4.01 | PPL 1 | 3 | STAI |
|
| 9 | PAI.57.3.23 | Psikologi Belajar PAI | 2 | PAI |
|
| 10 | PAI.57.2.20 | Sejarah Pendidikan Islam Nusantara | 2 |
|
|
Jumlah | 23 |
|
| |||
VI | 1 | PAI.57.3.20 | Manajemen Lembaga Pendidikan | 2 | STAI | 20 sks mbkm berupa asistensi mengajar |
| 2 | PAI.57.3.17 | Pengembangan program sekolah | 2 | STAI | |
| 3 | PAI.57.3.15 | Analisis kurikulum | 2 | STAI | |
| 4 | PAI.57.3.16 | Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3 | PAI | |
| 5 | PAI.57.6.01 | Pengembangan bahan ajar | 3 | PAI | |
| 6 | PAI.57.3.18 | Pengembangan media pembelajaran | 2 | PAI | |
| 7 | PAI.57.6.02 | Pengembangan asesmen pembelajaran | 2 | PAI | |
| 8 | PAI.57.5.02 | PPL 2 | 4 | STAI |
|
Jumlah | 20 |
|
| |||
VII | 1 | PAI.57.5.01 | KKN | 4 | STAI |
|
| 2 | PAI.57.4.03 | Proposal | 3 | STAI |
|
| 3 | PAI.57.5.03 | Desain & penyusunan modul PAI | 2 | PAI | P2 |
| 4 | PAI.57.5.04 | Isu-isu PAI Kontemporer | 2 | PAI | P2 |
| 5 | PAI.57.3.19 | Sosiologi Pendidikan | 2 | PAI | P2 |
Jumlah | 13 |
|
| |||
VIII | 1 | PAI.57.4.04 | Skripsi | 6 | STAI |
|
Jumlah | 146 |
|
|
Keterangan Kode MK
PAI | : | Prodi Pendidikan Agama Islam |
57 | : | Kode Prodi PAI pada KOpertais IV Surabaya |
Angka 1 s.d. 6 | : | Kelompok Matakuliah |
Angka 1 | : | Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian |
Angka 2 | : | Kelompok Matakuliah Penguasaan Keilmuan dan Keterampilan |
Angka 3 | : | Kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya |
Angka 4 | : | Kelompok Matakuliah Perilaku Berkarya |
Angka 5 | : | Kelompom Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat |
Angka 6 | : | Kelompok Matakuliah Keahlian dan Keterampilan Alternatif |
01 dst. | : | Urutan Nomor Matakuliah pada kelompok matakuliah |
Keterangan:
- Total SKS yang ditawarkan terdiri dari 146 SKS
- 128 SKS Wajib dimaksudkan untuk mendukung pencapaian profuil lulusan utama (Nomor 1- Pendidik PAI);
- 18 SKS Pilihan dibagi menjadi 2 paket (Paket 2 ditujukan untuk mencapai Profil Lulusan Tambahan Nomor 2 – Pengembang Bahan Ajar PAI; Paket 3 dimaksudkan untuk mendukung pencapaian Profil Lulusan Tambahan Nomor 3 – Peneliti PAI);
No. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Jenis Mata Kuliah* | Jumlah sks | ||
Teori | Praktikum | Praktik | ||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | PAI.57.1.08 | V |
|
| 2 | |
2 | PAI.57.1.03 | V | V |
| 2 | |
3 | PAI.57.1.02 | V | V |
| 2 | |
4 | PAI.57.01.06 | V |
|
| 2 | |
5 | PAI.57.2.02 | V |
|
| 2 | |
6 | PAI.57.1.10 | V |
|
| 2 | |
7 | PAI.57.1.01 | V | V |
| 2 | |
8 | PAI.57.2.05 | V |
|
| 2 | |
9 | PAI.57.1.04 | V |
|
| 2 | |
10 | PAI.57.2.01 | V |
|
| 2 | |
1 | PAI.57.1.09 | V |
|
| 2 | |
2 | PAI.57.1.07 | V |
|
| 2 | |
3 | PAI.57.1.05 | V | V |
| 2 | |
4 | PAI.57.2.08 | V |
|
| 2 | |
5 | PAI.57.1.11 | V |
|
| 2 | |
6 | PAI.57.2.03 | V |
|
| 2 | |
7 | PAI.57.2.04 | V |
|
| 2 | |
8 | PAI.57.2.17 | V |
|
| 2 | |
9 | PAI.57.2.10 | V |
|
| 2 | |
10 | PAI.57.2.09 | V | V |
| 2 | |
1 | PAI.57.2.16 | V |
|
| 2 | |
2 | PAI.57.3.02 | V | V |
| 3 | |
3 | PAI.57.2.07 | V |
|
| 2 | |
4 | PAI.57.2.11 | V |
|
| 2 | |
5 | PAI.57.2.13 | V |
|
| 2 | |
6 | PAI.57.2.06 | V |
|
| 2 | |
7 | PAI.57.2.12 | V |
|
| 2 | |
8 | PAI.57.2.14 | V |
|
| 2 | |
9 | PAI.57.3.04 | V | V |
| 3 | |
10 | PAI.57.2.18 | V |
|
| 2 | |
1 | PAI.57.3.11 | V |
|
| 3 | |
2 | PAI.57.3.08 | V |
|
| 2 | |
3 | PAI.57.2.15 | V |
|
| 2 | |
4 | PAI.57.3.03 | V |
|
| 3 | |
5 | PAI.57.3.05 |
|
| V | 2 | |
6 | PAI.57.3.22 | V |
|
| 2 | |
7 | PAI.57.3.10 | V |
|
| 2 | |
8 | PAI.57.3.06 | V |
| V | 2 | |
9 | PAI.57.3.07 | V |
|
| 2 | |
10 | PAI.57.3.09 |
|
| V | 2 | |
1 | PAI.57.4.02 | V | V |
| 3 | |
2 | PAI.57.3.12 | V |
|
| 2 | |
3 | PAI.57.3.21 | V |
|
| 2 | |
4 | PAI.57.2.19 | V |
|
| 2 | |
5 | PAI.57.3.01 | V | V |
| 3 | |
6 | PAI.57.3.13 | V | V |
| 2 | |
7 | PAI.57.3.14 | V | V |
| 2 | |
8 | PAI.57.3.23 | V |
|
| 2 | |
9 | PAI.57.2.20 | V |
|
| 2 | |
10 | PAI.57.4.01 |
| V | V | 3 | |
1 | PAI.57.3.20 | V | V |
| 2 | |
2 | PAI.57.3.17 | V | V |
| 2 | |
3 | PAI.57.3.15 | V |
|
| 2 | |
4 | PAI.57.3.16 |
| V | V | 3 | |
5 | PAI.57.6.01 | V | V |
| 3 | |
6 | PAI.57.3.18 | V | V |
| 3 | |
7 | PAI.57.6.02 | V | V |
| 2 | |
8 | PAI.57.5.02 | PPL 2 | V | V | V | 4 |
1 | PAI.57.5.01 | KKN | V | V | V | 4 |
2 | PAI.57.4.03 | Proposal |
| V | V | 3 |
3 | PAI.57.5.03 | V | V |
| 2 | |
4 | PAI.57.5.04 | V |
|
| 2 | |
5 | PAI.57.3.19 | V |
|
| 2 | |
1 | PAI.57.4.04 | Skripsi |
|
| V | 6 |
Total sks | 148 |
MBKM (Link)