Skip to content
ISTAZ
ISTAZ
  • Beranda
  • Persuratan
  • Fakultas
    • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
      • Program Studi PAI
      • Program Studi PGMI
      • Program Studi PIAUD
    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
      • Program Studi ES
    • Fakultas Syariah dan Hukum
      • Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)
    • Fakultas Dakwah dan Psikologi
      • Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI)
      • Prodi Psikologi Islam (Psi)
  • Lembaga
    • Lembaga Penjaminan Mutu
  • EDC
  • Publikasi
  • SIM Akademik
  • DIGILIB
  • PMB
ISTAZ
ISTAZ
  • Beranda
  • Persuratan
  • Fakultas
    • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
      • Program Studi PAI
      • Program Studi PGMI
      • Program Studi PIAUD
    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
      • Program Studi ES
    • Fakultas Syariah dan Hukum
      • Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)
    • Fakultas Dakwah dan Psikologi
      • Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI)
      • Prodi Psikologi Islam (Psi)
  • Lembaga
    • Lembaga Penjaminan Mutu
  • EDC
  • Publikasi
  • SIM Akademik
  • DIGILIB
  • PMB
  • Prodi PAI
  • Profil
  • Informasi
  • Akademik
Menu
  • Prodi PAI
  • Profil
  • Informasi
  • Akademik
Capaian Pembelajaran Lulusan
Profil Lulusan
Sebaran Mata Kuliah
Rencana Pembelajaran Semester
Dokumen Kurikulum
MBKM
Pedoman-pedoman
Persuratan
Capaian Pembelajaran Lulusan

Deskripsi KKNI Capaian Pembelajaran Lulusan

Kode CP

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap (S)

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

S01

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S02

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S03

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S04

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa.

S05

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S06

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S07

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan

bernegara.

S08       

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S09

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum (KU)

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

KU01

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU02

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU03

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU04

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU05

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

KU06

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU07

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

KU08

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU09

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU10

Mampu menyelesaikan tugas-tugas keprofesian dengan baik dan benar serta penuh dengan tanggung jawab.

Pengetahuan (P)

Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural.

P01

Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan agama Islam secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keilmuan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak

P02

Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Al-Quran Hadith, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak

P03      

Menguasai ilmu metodologi penelitian sesuai bidang pendidikan agama Islam, objek penelitian, tingkat kerumitan dan kedalaman penelitian dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan keluhuran akhlak

P04

 

Menguasai konsep teoritis PAI yang  terintegrasi dengan ilmu-ilmu pengetahuan umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam kajian PAI

P05      

Mampu memahami dan mengembangkan secara kreatif media pembelajaran manual dan berbasis teknologi informasi

P06

Mampu memahami metodologi pembelajaran di bidang pendidikan Agama Islam

P07

Mampu menguasai materi  pendidikan agama Islam, isi dan bahan ajar pendidikan agama Islam untuk materi pendidikan agama Islam tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA

P08

Memahami kontribusi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

P09

 

Memahami pengembangan kepribadian dan keprofesionalan dalam hal penyesuaian diri dengan lingkungan kerja, baik bekerja secara mandiri maupun kemitraan.

P10

Penguasaan sumber-sumber baru untuk pengembangan keahlian dan memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas profesional sebagai guru PAI di lembaga pendidikan Islam

Keterampilan Khusus (KK)

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi dengan situasi yang dihadapi

KK01

Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran PAI yang

mendidik bernuansa Islami.

KK02

Merancang, melaksanakan, dan membuat laporan penelitian pendidikan agama Islam serta mempublikasikannya di forum seminar atau jurnal ilmiah.

KK03

Mengembangkan media dan sumber belajar PAI berbasis keunggulan lokal dan teknologi informasi.

KK04

Mampu mere-integrasi epistemologi keilmuan untuk menghilangkan dikotomi ilmu umum dan ilmu agama.

KK05

            

Mampu memahami dan mengaplikasikan teori dan metodologi PAI yang berhubungan dengan kemampuan merencanakan program PAI, mengorganisir komponen PAI, melaksanakan program PAI, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program PAI, serta mengembangkan inovasi-inovasi program dan penyelenggaraan PAI.

KK06

Terampil dalam melaksanakan  penelitian di bidang pendidikan Agama Islam (PAI).

KK07

Mampu mempublikasikan karya penelitian di bidang pendidikan Agama Islam secara luas.

KK08

Mampu menuangkan dan mengembangkan materi PAI dalam bentuk bahan ajar dan penguasaan cara pengembangan bahan ajar PAI.

KK09

Mampu memahami dan mengembangkan secara kreatif media pembelajaran PAI baik manual maupun berbasis teknologi informasi.

KK10

Mampu memilih, menemukan dan menggunakan sumber belajar di lingkungan sekolah dan masyarakat bagi pengembangan PAI.

Profil Lulusan

Program studi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Azhar Menganti Gresik menghasilkan lulusan dengan profil:

  1. Pendidik

Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam mata pelajaran agama Islam pada sekolah/madrasah tingkat dasar sampai menengah (SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA/ SMK/ MAK) yang profesional, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, berlandaskan ahlu sunnah wal jama’ah, keilmuan dan keahlian serta dapat menyebarluaskan nilai-nilai IMTAK dan IPTEK.

  1. Penelitian dan Pengabdian

Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang keilmuan pendidikan agama Islam secara profesional dan akuntabel. Selain itu, mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam secara kontinu terutama melakukan pengabdian untuk memperkuat nilai-nilai moderasi  berlandaskan ahlu sunnah wal jama’ah di masyarakat.

  1. Pengembangan Bahan Ajar PAI

Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajar PAI yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan IPTEK serta dunia kerja dan mampu menjawab persoalan di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sebaran Mata Kuliah

Draft Sebaran Mata Kuliah Prodi PAI-MBKM

 

Sem

No

Kode MK

Makul

SKS

Penciri

Ket.

I

1

PAI.57.1.06

Pancasila

2

STAI

 

 

2

PAI.57.2.02

Sejarah Pendidikan Islam

2

STAI

 

 

3

PAI.57.1.04

Studi al-Quran

2

STAI

 

 

4

PAI.57.1.01

Bahasa Indonesia/TPKI

2

STAI

 

 

5

PAI.57.2.01

Pengantar studi Islam

2

STAI

 

 

6

PAI.57.1.10

Pengantar filsafat

2

PAI

 

 

7

PAI.57.1.08

Aqidah ilmu kalam

2

PAI

 

 

8

PAI.57.2.05

Pengantar psikologi

2

PAI

 

 

9

PAI.57.1.02

Bahasa Inggris

2

PAI

 

 

10

PAI.57.1.03

Bahasa Arab

2

PAI

 

Jumlah

20

 

 

II

1

PAI.57.1.09

Akhlak tasawuf

2

PAI

 

 

2

PAI.57.1.05

Studi hadist

2

STAI

 

 

3

PAI.57.2.03

Ilmu Pendidikan Islam

2

STAI

 

 

4

PAI.57.2.08

Psikologi Islam

2

PAI

 

 

5

PAI.57.2.04

Filsafat Islam

2

PAI

 

 

6

PAI.57.1.11

Filsafat Ilmu

2

PAI

 

 

7

PAI.57.2.17

Aqidah Ahlu Sunnah Wal

Jama’ah (Aswaja)

2

PAI

 

 

8

PAI.57.2.10

Hadith

2

PAI

 

 

9

PAI.57.1.07

Kewarganegaraan

2

STAI

 

 

10

PAI.57.2.09

Al-Qur’an

2

PAI

 

Jumlah

20

 

 

III

1

PAI.57.2.16

Logika Mantiq

2

PAI

 

 

2

PAI.57.3.02

Materi PAI SMP/MTs

3

PAI

 

 

3

PAI.57.2.07

Bimbingan dan

Konseling Islam

2

PAI

 

 

4

PAI.57.2.11

Ilmu tafsir

2

PAI

 

 

5

PAI.57.2.13

Hadist Ahkam

2

PAI

 

 

6

PAI.57.2.06

Psikologi perkembangan

2

STAI

 

 

7

PAI.57.2.14

Masail Fiqh

2

PAI

 

 

8

PAI.57.3.04

Model dan Strategi

Pembelajaran PAI

3

PAI

 

 

9

PAI.57.2.18

Sejarah Peradaban Islam

2

PAI

 

 

10

PAI.57.2.12

Hadis Tarbawi

2

PAI

 

Jumlah

22

 

 

IV

1

PAI.57.3.11

Metode penelitian

Kuantitatif

3

PAI

P3

 

2

PAI.57.3.08

Pengembangan

kurikulum PAI

2

PAI

 

 

3

PAI.57.2.15

Tafsir Tarbawi

2

PAI

 

 

4

PAI.57.3.05

Media Pembelajaran PAI

2

PAI

P2

 

5

PAI.57.3.03

Materi PAI

MA/SMA/SMK

3

PAI

 

 

6

PAI.57.3.22

Profil Tenaga Pendidik

2

PAI

 

 

Sem

No

Kode MK

Makul

SKS

Penciri

Ket.

 

7

PAI.57.3.10

Evaluasi Pembelajaran

PAI

2

PAI

 

 

8

PAI.57.3.06

Teknologi Pembelajaran

PAI

2

PAI

 

 

9

PAI.57.3.07

Perencanaan

Pembelajaran PAI

2

PAI

 

 

10

PAI.57.3.09

Pengelolaan kelas

2

PAI

 

Jumlah

22

 

 

V

1

PAI.57.4.02

Academic writing

3

PAI

P3

 

2

PAI.57.3.21

Manajemen Lembaga

Pendidikan Islam

2

PAI

 

 

3

PAI.57.2.19

Filsafat Pendidikan Islam

2

PAI

 

 

4

PAI.57.3.01

Materi PAI SD/MI

3

PAI

 

 

5

PAI.57.3.13

Statistik Pendidikan

2

STAI

 

 

6

PAI.57.3.14

PTK

2

STAI

P3

 

7

PAI.57.3.12

Metode Penelitian

Kualitatif

2

PAI

P3

 

8

PAI.57.4.01

PPL 1

3

STAI

 

 

9

PAI.57.3.23

Psikologi Belajar PAI

2

PAI

 

 

10

PAI.57.2.20

Sejarah Pendidikan Islam

Nusantara

2

 

 

Jumlah

23

 

 

VI

1

PAI.57.3.20

Manajemen Lembaga

Pendidikan

2

STAI

20 sks mbkm berupa asistensi mengajar

 

2

PAI.57.3.17

Pengembangan program

sekolah

2

STAI

 

3

PAI.57.3.15

Analisis kurikulum

2

STAI

 

4

PAI.57.3.16

Pengembangan Rencana

Pembelajaran

3

PAI

 

5

PAI.57.6.01

Pengembangan bahan

ajar

3

PAI

 

6

PAI.57.3.18

Pengembangan media

pembelajaran

2

PAI

 

7

PAI.57.6.02

Pengembangan asesmen

pembelajaran

2

PAI

 

8

PAI.57.5.02

PPL 2

4

STAI

 

Jumlah

20

 

 

VII

1

PAI.57.5.01

KKN

4

STAI

 

 

2

PAI.57.4.03

Proposal

3

STAI

 

 

3

PAI.57.5.03

Desain & penyusunan

modul PAI

2

PAI

P2

 

4

PAI.57.5.04

Isu-isu PAI Kontemporer

2

PAI

P2

 

5

PAI.57.3.19

Sosiologi Pendidikan

2

PAI

P2

Jumlah

13

 

 

VIII

1

PAI.57.4.04

Skripsi

6

STAI

 

Jumlah

146

 

 

 

Keterangan Kode MK

 

PAI

:

Prodi Pendidikan Agama Islam

57

:

Kode Prodi PAI pada KOpertais IV Surabaya

Angka 1 s.d. 6

:

Kelompok Matakuliah

Angka 1

:

Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian

Angka 2

:

Kelompok Matakuliah Penguasaan Keilmuan dan Keterampilan

Angka 3

:

Kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya

Angka 4

:

Kelompok Matakuliah Perilaku Berkarya

Angka 5

:

Kelompom Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat

Angka 6

:

Kelompok Matakuliah Keahlian dan Keterampilan Alternatif

01 dst.

:

Urutan Nomor Matakuliah pada kelompok matakuliah

 

Keterangan:

  1. Total SKS yang ditawarkan terdiri dari 146 SKS
  2. 128 SKS Wajib dimaksudkan untuk mendukung pencapaian profuil lulusan utama (Nomor 1- Pendidik PAI);
  3. 18 SKS Pilihan dibagi menjadi 2 paket (Paket 2 ditujukan untuk mencapai Profil Lulusan Tambahan Nomor 2 – Pengembang Bahan Ajar PAI; Paket 3 dimaksudkan untuk mendukung pencapaian Profil Lulusan Tambahan Nomor 3 – Peneliti PAI);
Rencana Pembelajaran Semester

No.

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Jenis Mata Kuliah*

Jumlah sks

Teori

Praktikum

Praktik

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

PAI.57.1.08

Aqidah Ilmu Kalam

V

 

 

2

2

PAI.57.1.03

Bahasa Arab

V

V

 

2

3

PAI.57.1.02

Bahasa Inggris

V

V

 

2

4

PAI.57.01.06

Pancasila

V

 

 

2

5

PAI.57.2.02

Sejarah Pendidikan Islam

V

 

 

2

6

PAI.57.1.10

Pengantar Filsafat

V

 

 

2

7

PAI.57.1.01

Bahasa Indonesia/TPKI

V

V

 

2

8

PAI.57.2.05

Pengantar Psikologi

V

 

 

2

9

PAI.57.1.04

Studi Al-Qur’an

V

 

 

2

10

PAI.57.2.01

Pengantar Studi Islam

V

 

 

2

1

PAI.57.1.09

Akhlak Tasawuf

V

 

 

2

2

PAI.57.1.07

Kewarnegaraan

V

 

 

2

3

PAI.57.1.05

Studi Hadits

V

V

 

2

4

PAI.57.2.08

Psikologi Islam

V

 

 

2

5

PAI.57.1.11

Filsafat Ilmu

V

 

 

2

6

PAI.57.2.03

Ilmu Pendidikan Islam

V

 

 

2

7

PAI.57.2.04

Filsafat Islam

V

 

 

2

8

PAI.57.2.17

Aswaja

V

 

 

2

9

PAI.57.2.10

Hadits

V

 

 

2

10

PAI.57.2.09

Al-Qur’an

V

V

 

2

1

PAI.57.2.16

Logika Mantiq

V

 

 

2

2

PAI.57.3.02

Materi PAI SMP/MTs

V

V

 

3

3

PAI.57.2.07

Bimbingan dan Konseling Islam

V

 

 

2

4

PAI.57.2.11

Ilmu Tafsir

V

 

 

2

5

PAI.57.2.13

Hadits Ahkam

V

 

 

2

6

PAI.57.2.06

Psikologi Perkembangan

V

 

 

2

7

PAI.57.2.12

Hadits Tarbawi

V

 

 

2

8

PAI.57.2.14

Masail Fiqih

V

 

 

2

9

PAI.57.3.04

Model dan Strategi Pembelajaran PAI

V

V

 

3

10

PAI.57.2.18

Sejarah Peradaban Islam

V

 

 

2

1

PAI.57.3.11

Metode Penelitian Kuantitatif

V

 

 

3

2

PAI.57.3.08

Pengembangan Kurikulum PAI

V

 

 

2

3

PAI.57.2.15

Tafsir Tarbawi

V

 

 

2

4

PAI.57.3.03

Materi PAI SMA/MA/SMK

V

 

 

3

5

PAI.57.3.05

Media Pembelajaran PAI

 

 

V

2

6

PAI.57.3.22

Profil Tenaga Pendidik

V

 

 

2

7

PAI.57.3.10

Evaluasi Pembelajaran PAI

V

 

 

2

8

PAI.57.3.06

Teknologi Pembelajaran PAI

V

 

V

2

9

PAI.57.3.07

Perencanaan Pembelajaran PAI

V

 

 

2

10

PAI.57.3.09

Pengelolaan Kelas

 

 

V

2

1

PAI.57.4.02

Academic Writing

V

V

 

3

2

PAI.57.3.12

Metode Penelitian Kualitatif

V

 

 

2

3

PAI.57.3.21

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

V

 

 

2

4

PAI.57.2.19

Filsafat Pendidikan Islam

V

 

 

2

5

PAI.57.3.01

Materi PAI SD/MI

V

V

 

3

6

PAI.57.3.13

Statistik Pendidikan

V

V

 

2

7

PAI.57.3.14

Penelitian Tindakan Kelas

V

V

 

2

8

PAI.57.3.23

Psikologi Belajar PAI

V

 

 

2

9

PAI.57.2.20

Sejarah Pendidikan Islam Nusantara

V

 

 

2

10

PAI.57.4.01

PPL I

 

V

V

3

1

PAI.57.3.20

Manajemen Lembaga Pendidikan

V

V

 

2

2

PAI.57.3.17

Pengembangan Program Sekolah

V

V

 

2

3

PAI.57.3.15

Analisis Kurikulum

V

 

 

2

4

PAI.57.3.16

Pengembangan Rencana Pembelajaran

 

V

V

3

5

PAI.57.6.01

Pengembangan Bahan Ajar

V

V

 

3

6

PAI.57.3.18

Pengembangan Media Pembelajaran

V

V

 

3

7

PAI.57.6.02

Pengembangan Asesmen Pembelajaran

V

V

 

2

8

PAI.57.5.02

PPL 2

V

V

V

4

1

PAI.57.5.01

KKN

V

V

V

4

2

PAI.57.4.03

Proposal

 

V

V

3

3

PAI.57.5.03

Desain dan Penyusunan Modul PAI

V

V

 

2

4

PAI.57.5.04

Isu-isu PAI Kontemporer

V

 

 

2

5

PAI.57.3.19

Sosiologi Pendidikan

V

 

 

2

1

PAI.57.4.04

Skripsi

 

 

V

6

Total sks

148

 

Dokumen Kurikulum
  • Dokumen Kurikulum 2023/2024 (Link)
  • Dokumen Kurikulum 2023/2024 Versi ISTAZ (Link)
MBKM

MBKM (Link)

Pedoman-pedoman
  • Roadmap Penelitian (Link)
  • Pedoman PPL (Link)
  • Pedoman KKN (Link)
  • Pedoman SKRIPSI (Link)
  • Renstra Prodi
  • Renop Prodi (Link)
  • Pedoman Akademik (Link)
Persuratan
  • Surat Tugas Pembimbing SKRIPSI | Download
  • Pendaftaran Seminar Proposal | Download
  • Permohonan Izin Observasi | Download
  • Permohonan Izin Observasi Kelompok | Download
  • Lembar Penyerahan SKRIPSI | Download