Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius [S1];
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika [S2];
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila [S3];
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa [S4];
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain [S5];
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S6];
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara [S7];
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik [S8];
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri [S9];
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan [S10]
Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis studi Islam dan keindonesiaan secara mendalam [P1];
- Menguasai konsep teoritis pendidikan Islam anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam [P2];
- Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam [P3];
- Menguasai konsep teoritis asesmen pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam [P4];
- Menguasai konsep teoritis kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam [P5];
- Menguasai konsep teoritis keselamatan, kesehatan, dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini [P6];
- Menguasai konsep teoritis profesionalisme dan leadership dalam pendidikan Islam anak usia dini secara mendalam [P7];
- Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini [P8];
Ranah Keterampilan Umum
- Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini [KU1];
- Mampu mengkaji karakteristik, pengasuhan, serta keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan perkembangan anak dalam konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas [KU2];
- Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat [KU3];;
- Mampu merancang dokumen Kurikulum PAUD dan membuat desain lingkungan belajar di PAUD [KU4];;
- Mampu menerapkan program, kebijakan dan prosedur dalam praktik keselamatan, kesehatan dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan individu [KU5];;
- Mampu mengaplikasikan kompetensi profesionalisme dan kepemimpinan terkait dengan etika standar dan pedoman profesional [KU6];; dan
- Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif [KU7];.
Ranah Keterampilan Khusus
- Mampu mengkaji ilmu-ilmu keislaman, keindonesiaan, dan pendidikan anak usia dini secara integrative [KK1];
- Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini [KK2];
- Mampu mengkaji hubungan anak usia dini dengan keluarga dan komunitas/masyarakat [KK3];
- Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat [KK4];
- Mampu merancang dokumen kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini [KK5];
- Mampu mendesain program lingkungan yang aman, sehat bagi anak berdasarkan pedoman kesehatan dan keselamatan sesuai dengan kebutuhan anak [KK6];
- Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip profesionalisme dan leadership dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini [KK7];
- Mampu menyelesaikan masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif [KK8].
Profil Lulusan adalah penciri atau peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan studinya. Untuk Prodi PIAUD Institut Al Azhar (ISTAZ) Menganti Gresik sendiri memili profil lulusan sebagai berikut:
- Pendidik, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik atau praktisi pendidikan pada lembaga penyelenggara PAUD, KB, RA, dan atau TK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
- Peneliti, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti tentang ke-PAUD-an yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab Berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
- Eduprenaur, Wirausahawan yang mampu menciptakan peluang usaha dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berupa permainan anak usia dini dan tata rias dengan mendayagunakan teknologi, informasi, dan komunikasi secara kreatif dan inovatif.
No | Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | I | MPK.57.27.01 | Bahasa Indonesia | 3 |
2 | MPK.57.27.02 | Pancasila | 2 | |
3 | MPK.57.27.04 | Bahasa Arab | 3 | |
4 | MPK.57.27.05 | Bahasa Inggris | 3 | |
5 | MPK.57.27.07 | Filsafat Ilmu | 2 | |
6 | MPK.57.27.11 | Tauhid / Ilmu Kalam | 2 | |
7 | MPK.57.27.12 | IAD/IBD/ISD | 2 | |
8 | MKKA.57.27.01 | Desain Komputer/ICT | 3 | |
9 | II | MPK.57.27.03 | Akhlak/Tasawuf | 2 |
10 | MPK.57.27.06 | Pengantar Studi Islam* | 2 | |
11 | MPK.57.27.14 | Kewarganegaran* | 2 | |
12 | MKK.57.27.01 | Bahasa Arab AUD | 2 | |
13 | MKK.57.27.02 | Bahasa Inggris AUD | 2 | |
14 | MKK.57.27.03 | Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal | 2 | |
15 | MKK.57.27.04 | Sosio-antropologi Pendidikan | 2 | |
16 | MKK.57.27.08 | Filsafat Islam | 2 | |
17 | MKB.57.27.01 | Al-Quran | 2 | |
18 | MKB.57.27.02 | Fiqih/Ushul Fiqih | 2 | |
19 | III | MPK.57.27.08 | Ke-Aswaja-an | 2 |
20 | MPK.57.27.09 | Studi Al-Quran* | 2 | |
21 | MPK.57.27.10 | Studi Hadist* | 2 | |
22 | MKK.57.27.05 | Konsep Dasar Pendidikan AUD | 2 | |
23 | MKK.57.27.09 | Psikologi Perkembangan AUD | 2 | |
24 | MKK.57.27.10 | Filsafat Pendidikan | 2 | |
25 | MKB.57.27.08 | Metode Pengembangan Seni AUD | 3 | |
26 | MKB.57.27.14 | Pendidikan Anak Dalam Keluarga | 2 | |
27 | MKB.57.27.15 | Konsentrasi Kajian PAUD | 3 | |
28 | MKK.57.27.14 | Dasar-dasar Musik | 2 | |
29 | IV | MKK.57.27.06 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | 2 |
30 | MKK.57.27.11 | Pembelajaran Pengembangan Bahasa AUD | 2 | |
31 | MKK.57.27.12 | Metode Pengembangan Fisik dan Motorik AUD* | 3 | |
32 | MKB.57.27.07 | Metode Pengembangan Kognitif & Kreatifitas AUD | 3 | |
33 | MKB.57.27.09 | Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral AUD | 2 | |
34 | MKB.57.27.12 | Pengembangan Kurikulum PAUD | 3 | |
35 | MKB.57.27.16 | Analisis Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | |
36 | MKB.57.27.17 | Pembelajaran Mendongeng dan Bercerita | 2 | |
37 | MPB.57.27.01 | Pola Pengasuhan Anak | 2 | |
38 | MPB.57.27.02 | Bermain dan Permainan AUD | 2 | |
39 | V | MKB.57.27.03 | Metode Pengembangan Seni AUD | 2 |
40 | MKB.57.27.04 | Keterampilan Kerajinan Alat Permainan Edukatif (APE)* | 3 | |
41 | MKB.57.27.05 | Sumber dan Media Pembelajaran AUD | 3 | |
42 | MKB.57.27.06 | Strategi dan perencanaan Pembelajaran PAUD | 3 | |
43 | MKB.57.27.11 | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan PTK | 3 | |
44 | MKB.57.27.13 | Metode Pengmbangan Sosial Emosional AUD* | 3 | |
45 | MKB.57.27.20 | Evaluasi Pembelajaran AUD | 3 | |
46 | MKKA.57.27.02 | Kewirausahaan/Edupreneurship | 2 | |
47 | VI | MKK.57.27.13 | Kesehatan dan Gizi Anak | 2 |
48 | MKB.57.27.10 | Metodologi Penelitian Kualitatif dan Studi Pustaka | 3 | |
49 | MKB.57.27.18 | Statistik Pendidikan | 2 | |
50 | MKB.57.27.19 | Pembelajaran Tari AUD | 2 | |
51 | MKB.57.27.21 | Manajemen Penyelenggaraan PAUD | 3 | |
52 | MKB.57.27.22 | Bimbingan Konseling AUD | 2 | |
53 | MPB.57.27.03 | PPL 1 (Microteaching) | 3 | |
54 | MKKA.57.27.03 | Tata Rias dan Busana AUD | 2 | |
55 | MKKA.57.27.04 | Drama dan Pementasan AUD | 3 | |
56 | VII | MKB.57.27.23 | Administrasi Pembelajaran AUD | 3 |
57 | MKK.57.27.07 | Pendidikan Inklusi | 2 | |
58 | MBB.57.27.01 | PPL 2 (Real Teaching) | 4 | |
59 | MBB.57.27.02 | KKN | 4 | |
60 | VIII | MPB.57.27.04 | Skripsi* | 6 |
Total : 148 SKS
No | Kode MK | Nama Mata Kuliah | RPS |
1 | MPK.57.27.01 | Bahasa Indonesia | Download |
2 | MPK.57.27.02 | Pancasila | Download |
3 | MPK.57.27.04 | Bahasa Arab | Download |
4 | MPK.57.27.05 | Bahasa Inggris | Download |
5 | MPK.57.27.07 | Filsafat Ilmu | Download |
6 | MPK.57.27.11 | Tauhid / Ilmu Kalam | Download |
7 | MPK.57.27.12 | IAD/IBD/ISD | Download |
8 | MKKA.57.27.01 | Desain Komputer/ICT | Download |
9 | MPK.57.27.03 | Akhlak/Tasawuf | Download |
10 | MPK.57.27.06 | Pengantar Studi Islam* | Download |
11 | MPK.57.27.14 | Kewarganegaran* | Download |
12 | MKK.57.27.01 | Bahasa Arab AUD | Download |
13 | MKK.57.27.02 | Bahasa Inggris AUD | Download |
14 | MKK.57.27.03 | Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal | Download |
15 | MKK.57.27.04 | Sosio-antropologi Pendidikan | Download |
16 | MKK.57.27.08 | Filsafat Islam | Download |
17 | MKB.57.27.01 | Al-Quran | Download |
18 | MKB.57.27.02 | Fiqih/Ushul Fiqih | Download |
19 | MPK.57.27.08 | Ke-Aswaja-an | Download |
20 | MPK.57.27.09 | Studi Al-Quran* | Download |
21 | MPK.57.27.10 | Studi Hadist* | Download |
22 | MKK.57.27.05 | Konsep Dasar Pendidikan AUD | Download |
23 | MKK.57.27.09 | Psikologi Perkembangan AUD | Download |
24 | MKK.57.27.10 | Filsafat Pendidikan | Download |
25 | MKB.57.27.08 | Metode Pengembangan Seni AUD | Download |
26 | MKB.57.27.14 | Pendidikan Anak Dalam Keluarga | Download |
27 | MKB.57.27.15 | Konsentrasi Kajian PAUD | Download |
28 | MKK.57.27.14 | Dasar-dasar Musik | Download |
29 | MKK.57.27.06 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | Download |
30 | MKK.57.27.11 | Pembelajaran Pengembangan Bahasa AUD | Download |
31 | MKK.57.27.12 | Metode Pengembangan Fisik dan Motorik AUD* | Download |
32 | MKB.57.27.07 | Metode Pengembangan Kognitif & Kreatifitas AUD | Download |
33 | MKB.57.27.09 | Metode Pengembangan Nilai Agama dan Moral AUD | Download |
34 | MKB.57.27.12 | Pengembangan Kurikulum PAUD | Download |
35 | MKB.57.27.16 | Analisis Anak Berkebutuhan Khusus | Download |
36 | MKB.57.27.17 | Pembelajaran Mendongeng dan Bercerita | Download |
37 | MPB.57.27.01 | Pola Pengasuhan Anak | Download |
38 | MPB.57.27.02 | Bermain dan Permainan AUD | Download |
39 | MKB.57.27.03 | Metode Pengembangan Seni AUD | Download |
40 | MKB.57.27.04 | Keterampilan Kerajinan Alat Permainan Edukatif (APE) | Download |
41 | MKB.57.27.05 | Sumber dan Media Pembelajaran AUD | Download |
42 | MKB.57.27.06 | Strategi dan perencanaan Pembelajaran PAUD | Download |
43 | MKB.57.27.11 | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan PTK | Download |
44 | MKB.57.27.13 | Metode Pengmbangan Sosial Emosional AUD* | Download |
45 | MKB.57.27.20 | Evaluasi Pembelajaran AUD | Download |
46 | MKKA.57.27.02 | Kewirausahaan/Edupreneurship | Download |
47 | MKK.57.27.13 | Kesehatan dan Gizi Anak | Download |
48 | MKB.57.27.10 | Metodologi Penelitian Kualitatif dan Studi Pustaka | Download |
49 | MKB.57.27.18 | Statistik Pendidikan | Download |
50 | MKB.57.27.19 | Pembelajaran Tari AUD | Download |
51 | MKB.57.27.21 | Manajemen Penyelenggaraan PAUD | Download |
52 | MKB.57.27.22 | Bimbingan Konseling AUD | Download |
53 | MPB.57.27.03 | PPL 1 (Microteaching) | Download |
54 | MKKA.57.27.03 | Tata Rias dan Busana AUD | Download |
55 | MKKA.57.27.04 | Drama dan Pementasan AUD | Download |
56 | MKB.57.27.23 | Administrasi Pembelajaran AUD | Download |
57 | MKK.57.27.07 | Pendidikan Inklusi | Download |
58 | MBB.57.27.01 | PPL 2 (Real Teaching) |
|
59 | MBB.57.27.02 | KKN |
|
60 | MPB.57.27.04 | Skripsi |
|
Dokumen Kurikulum tahun 2019
https://drive.google.com/file/d/11Y2PPd0kXV5UIx_1UZ7p_TSMFK3nfRN9/view?usp=drive_link
Dokumen Kurikulum tahun 2023
https://drive.google.com/file/d/11Y2PPd0kXV5UIx_1UZ7p_TSMFK3nfRN9/view?usp=drive_link
Bentuk Kegiatan MBKM yang dilakukan oleh Program Studi PIAUD Institut Al Azhar Menganti Gresik ada 2 kegiatan, pertama adalah Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti RA dan TK tempat praktik mengajar dapat berada di lokasi kota Gresik maupun di luar kota Gresik. Tujuan “Asistensi Mengajar” di antaranya: (1) Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan. (2) Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman.
Kegiatan kedua dalam bentuk Penelitian / riset memberi peluang mahasiswa dapat membangun keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah (problem solving). Dua kompetensi ini yang sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah, mahasiswa akan lebih mendalami, memahami,dan mampu melakukan riset dengan baik. Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan keinginan berprofesi dalam bidang riset, peluang untuk magang di lembaga riset dapat menjadi jalan merintis karier peneliti/periset.
- Pedoman Akademik
- Pedoman Pembimbingan Akademik
- Pedoman PPL/Magang Pendidikan
- Pedoman KKN
- Pedoman Skripsi
- Pedoman Pembelajaran Micro