Menu
Capaian Pembelajaran Lulusan
Profil Lulusan
Sebaran Mata Kuliah
Rencana Pembelajaran Semester
Dokumen Kurikulum
MBKM
Pedoman-pedoman
Capaian Pembelajaran Lulusan
SIKAP (S) (Diambil dari Permenristek Dikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi)
- S01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- S02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- S03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuanperadaban berdasarkan Pancasila
- S04 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- S05 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- S06 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- S07 Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
- S08 Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
- S09 Menunjukkan sikap yang berciri nilai-nilai ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah
- S010 Menunjukkan sikap moderasi beragama atas pekerjaan di bidang pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI)
Keterampilan Umum (KU) (Diambil dari Permenristek Dikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi)
- KU01 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- KU02 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
- KU03 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
- KU04 Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- KU05 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- KU06 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- KU07 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- KU08 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- KU09 Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja
KU10 Mampu membaca dan memahami Al-Qur’an
Keterampilan Khusus (KK) (Ditetapkan oleh Asosiasi/Forum Program Studi, dapat merujuk pada descriptor KKNI unsur keterampilan khusus sesuai dengan jenjang)
- KK01 Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran bidang Guru Kelas MI/SD sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
- KK02 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sebagai Guru Kelas MI/SD;
- KK03 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD
- KK04 Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum;
- KK05 Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
- KK06 Terampil mempersiapkan dan mengunakan media pembelajaran pada pendidikan dasar MI/SD
- KK07 Mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran ramah anak MI/SD;
- KK08 Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran agama Al-qur’an Hadis, Aqidah Akhlah, Fiqih SkI, dan Bahasa Arab) di MI;
- KK09 Mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ramah anak pada jenjang pendidikan MI/SD sesuai dengan distingsi keunggulan program studi;
KK10 Mampu mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran pada bidang kajian mata pelajaran MI/SD
Unsur Pengetahuan Level 6 KKNI (P) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- P01 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
- P02 Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan pada jenjang MI/SD
- P03 Menguasai teori belajar dan pembelajaran pada jenjang MI/SD;
- P04 Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran pada jenjang MI/SD;
- P05 Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran pada jenjang MI/SD yang kreatif dan inovatif;
- P06 Menguasai prinsip-prinsip pembelajaran yang menerapkan moderasi keagamaan pada jenjang MI/SD sesuai dengan distingsi keunggulan program studi;
Profil Lulusan
- Pendidik / Praktisi Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
- Peneliti, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai peneliti dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
- Pengembang Bahan Ajar, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
Sebaran Mata Kuliah
NO | KODE MK | SEMESTER | MATA KULIAH | SKS |
1 | PGMI.57.01.01 | I | Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi | 2 |
2 | PGMI.57.01.03 | Bahasa Arab | 2 | |
3 | PGMI.57.01.04 | Bahasa Inggris | 2 | |
4 | PGMI.57.01.05 | TPKI / Bahasa Indonesia | 2 | |
5 | PGMI.57.01.07 | Aqidah Ilmu Kalam | 2 | |
6 | PGMI.57.01.08 | Pengantar Studi Islam | 2 | |
7 | PGMI.57.02.03 | Psikologi Perkembangan Anak | 2 | |
8 | PGMI.57.02.08 | Metode Belajar-Mengajar Al-Qur’an | 2 | |
9 | PGMI.57.02.11 | Dasar – dasar Ilmu Pendidikan | 2 | |
10 | PGMI.57.03.12 | Teori Pembelajaran | 2 | |
11 | PGMI.57.03.13 | Teori Kepramukaan | 0 | |
12 | PGMI.57.01.02 | II | Pendidikan Kewarganegaraan dan Multikulturalisme | 2 |
13 | PGMI.57.01.06 | Filsafat Pendidikan | 2 | |
14 | PGMI.57.01.09 | Studi Al-Qur’an dan hadist | 2 | |
15 | PGMI.57.02.04 | Konsep Dasar IPS | 2 | |
16 | PGMI.57.02.05 | Konsep Dasar IPA | 2 | |
17 | PGMI.57.02.06 | Konsep Dasar Matematika | 2 | |
18 | PGMI.57.03.14 | Perangkat Pembelajaran | 3 | |
19 | PGMI.57.03.16 | Strategi dan Model Pembelajaran MI/SD | 3 | |
20 | PGMI.57.06.04 | Pendidikan Kepramukaan | 2 | |
21 | PGMI.57.01.11 | III | Aswaja An- Nadliyah | 2 |
22 | PGMI.57.01.10 | Ushul Fiqih | 2 | |
23 | PGMI.57.01.12 | Akhlak Tasawuf | 2 | |
24 | PGMI.57.03.01 | Pembelajaran IPA di MI/SD | 2 | |
25 | PGMI.57.03.02 | Pembelajaran IPS di MI/SD | 2 | |
26 | PGMI.57.03.03 | Pembelajaran Matematika di MI /SD | 2 | |
27 | PGMI.57.03.04 | Pembelajaran PKN di MI/SD | 2 | |
28 | PGMI.57.03.05 | Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD | 2 | |
29 | PGMI.57.03.06 | Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di MI | 2 | |
30 | PGMI.57.03.11 | Pembelajaran Bahasa Jawa MI/SD | 2 | |
31 | PGMI.57.06.01 | Pembelajaran MI berbasis teknologi | 3 | |
32 | PGMI.57.03.19 | IV | Literasi dan Numerasi | 3 |
33 | PGMI.57.02.09 | Pendidikan Inklusi | 2 | |
34 | PGMI.57.03.07 | Pembelajaran Qur’an Hadist di MI | 2 | |
35 | PGMI.57.03.08 | Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI | 2 | |
36 | PGMI.57.03.09 | Pembelajaran Fiqih di MI | 2 | |
37 | PGMI.57.03.10 | Pembelajaran SKI di MI | 2 | |
38 | PGMI.57.03.13 | Pembelajaran Integrasi | 2 | |
39 | PGMI.57.03.20 | Bimbingan Konseling MI/SD | 2 | |
40 | PGMI.57.03.23 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 3 | |
41 | PGMI.57.03.24 | Metedologi Penelitian Kualitatif | 3 | |
42 | PGMI.57.02.07 | V | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) | 2 |
43 | PGMI.57.03.15 | Sumber dan Media Pembelajaran MI/SD | 3 | |
44 | PGMI.57.03.22 | Statistika Pendidikan | 3 | |
45 | PGMI.57.03.25 | Penelitian Studi Pustaka | 3 | |
46 | PGMI.57.03.26 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | 2 | |
47 | PGMI.57.04.01 | PPL I (Micro Teaching) | 4 | |
48 | PGMI.57.06.02 | Edupreneurship | 3 | |
49 | PGMI.57.02.02 | VI | Permainan Tradisional Edukatif | 2 |
50 | PGMI.57.03.17 | Assemen Pembelajaran | 3 | |
51 | PGMI.57.03.18 | Pengembangan Bahan Ajar Digital | 3 | |
52 | PGMI.57.03.21 | Pengembangan Kurikulum MI/SD | 3 | |
53 | PGMI.57.03.27 | Research and Development | 3 | |
54 | PGMI.57.04.04 | Profesi Keguruan | 2 | |
55 | PGMI.57.05.02 | PPL II (Real Teaching) | 4 | |
56 | PGMI.57.02.01 | VII | Seni Drama dan Tari | 2 |
57 | PGMI.57.02.10 | Psikologi Agama | 2 | |
58 | PGMI.57.04.02 | Seminar Proposal | 3 | |
59 | PGMI.57.05.01 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | |
60 | PGMI.57.06.03 | Publikasi Ilmiah | 3 | |
61 | PGMI.57.04.03 | VIII | Skripsi | 6 |
Rencana Pembelajaran Semester
NO | KODE MK | SEMESTER | MATA KULIAH | RPS |
1 | PGMI.57.01.01 | I | Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi | Download |
2 | PGMI.57.01.03 | Bahasa Arab | Download | |
3 | PGMI.57.01.04 | Bahasa Inggris | Download | |
4 | PGMI.57.01.05 | TPKI / Bahasa Indonesia | Download | |
5 | PGMI.57.01.07 | Aqidah Ilmu Kalam | Download | |
6 | PGMI.57.01.08 | Pengantar Studi Islam | Download | |
7 | PGMI.57.02.03 | Psikologi Perkembangan Anak | Download | |
8 | PGMI.57.02.08 | Metode Belajar-Mengajar Al-Qur’an | Download | |
9 | PGMI.57.02.11 | Dasar – dasar Ilmu Pendidikan | Download | |
10 | PGMI.57.03.12 | Teori Pembelajaran | Download | |
11 | PGMI.57.03.13 | Teori Kepramukaan | Download | |
12 | PGMI.57.01.02 | II | Pendidikan Kewarganegaraan dan Multikulturalisme | Download |
13 | PGMI.57.01.06 | Filsafat Pendidikan | Download | |
14 | PGMI.57.01.09 | Studi Al-Qur’an dan hadist | Download | |
15 | PGMI.57.02.04 | Konsep Dasar IPS | Download | |
16 | PGMI.57.02.05 | Konsep Dasar IPA | Download | |
17 | PGMI.57.02.06 | Konsep Dasar Matematika | Download | |
18 | PGMI.57.03.14 | Perangkat Pembelajaran | Download | |
19 | PGMI.57.03.16 | Strategi dan Model Pembelajaran MI/SD | Download | |
20 | PGMI.57.06.04 | Pendidikan Kepramukaan | Download | |
21 | PGMI.57.01.11 | III | Aswaja An- Nadliyah | Download |
22 | PGMI.57.01.10 | Ushul Fiqih | Download | |
23 | PGMI.57.01.12 | Akhlak Tasawuf | Download | |
24 | PGMI.57.03.01 | Pembelajaran IPA di MI/SD | Download | |
25 | PGMI.57.03.02 | Pembelajaran IPS di MI/SD | Download | |
26 | PGMI.57.03.03 | Pembelajaran Matematika di MI /SD | Download | |
27 | PGMI.57.03.04 | Pembelajaran PKN di MI/SD | Download | |
28 | PGMI.57.03.05 | Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD | Download | |
29 | PGMI.57.03.06 | Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di MI | Download | |
30 | PGMI.57.03.11 | Pembelajaran Bahasa Jawa MI/SD | Download | |
31 | PGMI.57.06.01 | Pembelajaran MI berbasis teknologi | Download | |
32 | PGMI.57.03.19 | IV | Literasi dan Numerasi | Download |
33 | PGMI.57.02.09 | Pendidikan Inklusi | Download | |
34 | PGMI.57.03.07 | Pembelajaran Qur’an Hadist di MI | Download | |
35 | PGMI.57.03.08 | Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI | Download | |
36 | PGMI.57.03.09 | Pembelajaran Fiqih di MI | Download | |
37 | PGMI.57.03.10 | Pembelajaran SKI di MI | Download | |
38 | PGMI.57.03.13 | Pembelajaran Integrasi | Download | |
39 | PGMI.57.03.20 | Bimbingan Konseling MI/SD | Download | |
40 | PGMI.57.03.23 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | Download | |
41 | PGMI.57.03.24 | Metedologi Penelitian Kualitatif | Download | |
42 | PGMI.57.02.07 | V | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) | Download |
43 | PGMI.57.03.15 | Sumber dan Media Pembelajaran MI/SD | Download | |
44 | PGMI.57.03.22 | Statistika Pendidikan | Download | |
45 | PGMI.57.03.25 | Penelitian Studi Pustaka | Download | |
46 | PGMI.57.03.26 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | Download | |
47 | PGMI.57.04.01 | PPL I (Micro Teaching) | Download | |
48 | PGMI.57.06.02 | Edupreneurship | Download | |
49 | PGMI.57.02.02 | VI | Permainan Tradisional Edukatif | Download |
50 | PGMI.57.03.17 | Assemen Pembelajaran | Download | |
51 | PGMI.57.03.18 | Pengembangan Bahan Ajar Digital | Download | |
52 | PGMI.57.03.21 | Pengembangan Kurikulum MI/SD | Download | |
53 | PGMI.57.03.27 | Research and Development | Download | |
54 | PGMI.57.04.04 | Profesi Keguruan | Download | |
55 | PGMI.57.05.02 | PPL II (Real Teaching) | Download | |
56 | PGMI.57.02.01 | VII | Seni Drama dan Tari | Download |
57 | PGMI.57.02.10 | Psikologi Agama | Download | |
58 | PGMI.57.04.02 | Seminar Proposal | ||
59 | PGMI.57.05.01 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | ||
60 | PGMI.57.06.03 | Publikasi Ilmiah | ||
61 | PGMI.57.04.03 | VIII | Skripsi |
Dokumen Kurikulum
MBKM
Tab Content
Pedoman-pedoman
- Pedoman Akademik
- Pedoman Pembimbingan Akademik
- Pedoman PPL/Magang Pendidikan
- Pedoman KKN
- Pedoman Skripsi
- Pedoman Pembelajaran Micro